Jumlah Penonton Free Fire Esports Turun Drastis di Semua Wilayah, Apa Yang Terjadi?



Free Fire merupakan salah satu game mobile FPS Battle Royale yang memiliki perkembangan yang cukup baik pada awal kemunculanya. Pertumbuhan pemain yang konsisten, skema esports yang kompetitif, hingga partisipasi invenstor yang baik dalam memupuk komunitas, menjadikannya game yang dikenal seperti saat ini. 

Namun ada data yang mengejutkan datang dari game yang dirilis pada tahun 2017 ini. Terlihat bahwa jumlah penonton atau viewership- nya jatuh secara signifikan. 

Padahal, Free Fire World Series( FFWS) 2021 sukses memecahkan rekor jumlah penonton, dengan penonton puncak 5.4 juta penonton. Angka tersebut berhasil mengalahkan penonton dari The International( Dota 2) dan The World Championship( League of Legends) di tahun yang sama. 

Namun sejak tahun lalu, tercatat penonton puncak pada Free Fire World Series 2022 hanya menyentuh sekitar 354 ribu saja. Penurunan 90 ini sangat mengkhawatirkan dan menimbulkan pertanyaan besar," Apa yang terjadi?" 

 

Menurut Esport.net, setidaknya ada 3 faktor yang menjadi penyebab anjloknya penonton Free Fire. 

1. Dilarangnya Free Fire di India 

 Di pertengahan tahun ini, India memang memberlakukan pelarangan untuk puluhan aplikasi, termasuk Free Fire di dalamnya. Karena pada dasarnya jumlah penduduk India merupakan yang kedua terbanyak dari seluruh dunia, otomatis pemain, penonton, dan pekerja di dunia Free Fire juga tinggi. 

 Dengan pemblokiran ini, absennya partisipasi dari komunitas Free Fire India langsung memberikan dampak, seperti yang dialami pada FFWS 2022 di Bangkok pada bulan November lalu. 


 2. Permasalahan Internal Garena 

Garena yang merupakan induk perusahaan Free Fire dilaporkan mengalami kerugian hingga USD 1 miliar pada September lalu. Alhasil, mereka terpaksa untuk memberhentikan karyawan dari seluruh divisi. 

Pada markas mereka di Shanghai, sebanyak 15 pegawai terpaksa mereka rumahkan. Kurangnya pekerja dan penghematan pengeluaran, akan cukup mengganggu proses pengembangan Free Fire dan dunia esport- nya. 

 

 3. Penutupan aplikasi streaming BOOYAH! 

BOOYAH! merupakan platform streaming yang biasa digunakan untuk menonton kompetisi Free Fire. Platform tersebut memiliki kontribusi besar menyumbang jumlah penonton, ketika turnamen besar Free Fire sedang berjalan. 

Yang menjadikan BOOYAH! lebih spesial dibandingkan dengan platform lainnya adalah karena penonton bisa mendapatkan item in- game, hanya dengan menonton turnamen saja. Insentif tersebut tentu akan mendongkrak viewership sekaligus sebagai sarana promosi. 

 

 Karena Sea Limited memutuskan untuk menghentikan BOOYAH!, imbasnya langsung terasa pada FFWS 2022 lalu, dengan menurunnya jumlah viewership secara keseluruhan dari tiap region. 

Komunitas Free Fire di seluruh dunia mungkin akan khawatir, bagaimana masa depan game kesayangan mereka. Semua akan tergantung dari langkah yang akan Garena ambil selanjutnya. 



Tidak ada komentar