Pengalaman Pertama Kali Cosplay Dan Jadi Wibu


gw mau cerita nih pengalaman gw ikutan pertama kali ikutan cosplay dan jadi pro wibu..
waktu itu gw masih semester 3 di salah satu kampus di surabaya.. suatu hari BEM jurusan gw ngumumin untuk ngirim perwakilan bwt ikutan event fakultas sebelah namanya otaku apa gt gw lupa panjangnya di mading jurusan.. awalnya sih gw gak ngeh apaan tuh acara.. sorenya gw ngopi ma temen2 gw di warkop.. tiba2 ada orang make kostum doremon ngamen sambil bawa kek walkman ma salon kecil di pinggang.. pas dia ngamen di belakang gw tiba2 gw teringat acara di mading tadi..
nah gw tanya temen gw.. cosplay apaan cuk maklum gw cuman ngerti dota ma ragnarok doang.. nah temen gw nyeletuk lu pake kostum mirip kartun jepang ntar lu mondar mandir di foto2 ma cewe2 cantik.. beneran gw tanya.. cuk mosok gak percoyo karo omonganku.. karena lugu dan waktu itu semangat membanggakan almamater jurusan kepikiran ide bwt pinjem tuh kostum dari pengamen yg barusan..
agak jauh gw panggil tuh pengamen dia balik gw suruh duduk gw beliin kopi.. sumpah gw kirain orang di dalamnya cowo.. pas waktu di buka eh ternyata ibu2 tua cuk.. gw tanya2 dikit.. asalnya mana tinggal dmn dls.. ya itung2 bantuin dia ma sekalian ikut bwt perwakilan jurusan.. setelah gw ngomong klo kostumnya mau gw sewa ibu2 itu nolak.. bkn karena gak boleh tapi karena kotor.. nah pas bilang gpp gw yg cuciin ntar tp ibu2 tuh maksa bwt dia cuci dulu.. akhirnya gw setuju tapi gw tanya ngambilnya ntar dimana.. dia ngasih alamat rumah besok sore suruh ambil..
ok lah gw tungguin besoknya.. gw abis kuliah langsung meluncur ke rumah ibu2 itu.. ternyata rumahnya di tengah2 pelosok dalamnya surabaya.. gw kirain kos2an gw udah sangat kumuh.. lingkungan sekitar rumah ibu itu malah the next levelnya.. setelah muter2 gak jelas karena buta arah akhirnya ketemu rumahnya.. gw liatin sekitar dan bayangin idup di rumah sempit kek gni dengan kepadatan kek gt mending gw milih tidur di warnet..

foto mulustrasi

waktu gw salam keluar anak2 kecil 3 orang.. satunya umbelnya ampir sampe mulut pula.. dek ibuk e nang omah ta tanyaku.. eh mereka masuk ke dalam ma teriak BUK ONOK TAGIHAN PEDAH.. aswu gw ma temen gw ngakak sendiri.. wah mbut di gowokno celurit lak ngene carane kata temen gw.. ma gw liatin depan rumahnya ada sekarung kerupuk mainan anak2 dan bangku kecil bwt jualan es cao.. gw di suruh masuk tp gw gak enak ma temen gw tunggu di emperan rumah aja.. ibu2 itu pun muncul bawa kostum ma peralatan dia ngamen.. waktu itu gw kasih uang ke ibunya bwt jaminan ibunya gak mau suruh bawa aja.. gw jadi makin gak enak.. kenal aja engga kok minjemin barang dia yg biasa di pake cari uang.. awkward moment gw ma ibu2 itu.. akhirnya gw kasih KTP gw ke dia klo gak mau uang bwt jaminan.. walau kelihatan dia gak mau tapi gw yg maksa.. ma beli es buat sarat wkwkwk..
besoknya gw mulai riset kecil2an bwt ngerti cosplay ma doremon ini apaan sih.. nontonlah gw film doremon seharian ma baca2 mbah google.. gw baru sadar klo gw gak punya tangan ma kaki bulet kek doremon.. tp gmn cara bikinya.. gw tanya temen gw dia jawab lah yo gawe sepatu fantofel kro sarung tangan lah iki doremon kampus ngono ae tekok.. ya karena dasarnya gw kaum hooh2 ya gw ikutin aja omongan temen2 gw.. gw sms ketua BEM gw minta izin bwt daftarin gw mewakili jurusan.. dia bilang ok.. nah item lain kek dorayaki gw rada bingung.. nang ndi suroboyo onok dorayaki onok yo cukrik.. setelah berfikir keras gw akhirnya inget klo di warkop ada roti isi coklat klo di tekan2 dikit mirip dorayaki.. daripada gak bawa.. sekalian bwt ganjel perut pikir gw..
paginya gw mau berangkat gw cobain kostum ma temen2 gw.. ma pose tuh di foto.. keren kan.. ngomongo elek tak dagon ndasmu.. setelah itu berangkatlah gw sendirian ke tempat acara naek motor.. sialnya belum sampe gang keluar jalan eh sepeda motor gw bocor ban nya.. balik lagi ke kos2an minta anter temen gak ada yg mau alesanya lom ngopi ntar klo nyampe kabarin mereka meluncur.. ya teman yang asu menang.. akhirnya gw terpaksa ngojek.. itupun masih di liatin dengan aneh oleh tukang ojeknya karena bawa kepala doremon.. wah gateli wong ini pikir gw.. yg perlu lu tahu kampus gw ma kampus satunya terpisah sungai gunung dan tempat golf.. padahal satu universitas.. so its fck up..
setelah nyampe.. gw inget tipsnya suruh kencing dulu sebelum pake kostum.. gw carilah toilet di kampus itu.. abis bikin lukisan di dinding kamar mandi.. kan gw pikir ini toilet cowo.. ya gw buka baju semua kecuali GTman yg masih menempel ketat.. lha pas mau pake kostum ada ukhty2 nyelonong masuk.. dia diem ma liatin lah gw masang kostum di kaki.. gw langsung ngomong mbak salah enggon.. ma tetep liatin gw dia bilang ini toilet cewe mas.. lhe cuk wes ojo ndeloki aku ae dalam hati.. akhirnya dia ngalah keluar sampe gw selesai pake kostumnya.. ternyata tanda toilet cewenya di pintunya bukan di atasnya.. ya mana gw tau anjng..
begitu keluar jalan ke aula eh bngst ternyata bkn doremon kek gw yg ada.. kok kostumnya kok beda ma gw ya dlm ati.. but what ever lah.. ternyata bener kata temen gw banyak cewe2 cantik di sini pake kostum aneh2.. padahal gw pake doremon juga gak kalah aneh cuk.. cmn gak ada yg ngajakin foto gw.. gw gak ngerti pas ngumpul itu harus ngapain maka ada bang gundam di depan gw.. nah gw tanya dia.. nang panitia kono mas engko entuk nomer ben melu main stage.. main stage opo maneh ini.. akhirnya gw daftar di sana.. panitianya senyum2 aja sih pas gw datangin.. abis itu temen2 kos2an gw nyamperin.. sebenernya puanas cuk pake kostum sumpah gak bayangin ibu2 itu jalan ngamen pake beginian pas cuaca surabaya melebihi bekasi.. 
mulustrasi 2

abis gt ada ding dong ding pengumuman yg udah daftar ke panggung.. pas di panggung tuh udah ngumpul banyak orang.. gw amatin kek ujian skripsi ada 3 orang kek penguji dan di panggil 1 per 1 bwt pose ma di tanyain..
pas giliran gw di panggil gw lupa tas ransel gw masih kepake karena baju gw di situ semua.. naik lah gw.. eh si biji nyeletuk doremon e kuliah rek ransel e di gowo nang ndi2.. pada ketawa semua.. nah di atas panggung gw khan diem aja.. mas siap? tanya juri tiba2 gw keinget peserta lain pake pose.. tp sumpah gw ngeblank waktu itu.. malah gw pose ksatria batang hitam.. bukanya ngedukung eh temen gw malah bilang woi salah gaya suw.. makin ketawa se ruangan.. nah jurinya ngomong.. klo mau pose itu harus ngomong helsim.. gw gak ngerti cuk helsim tuh apaan waktu itu.. setelah perkenalan sebentar gw di tanya mas kenapa pilih kostum itu? tanya jurinya.. ya gw nyanyi jingglenya aku ingin begini aku ingin begitu.. semua ngakak.. itu di kantong ada kabel isinya apa.. gw inget suara doremon pas ngeluarin alatnya ya suara gw mirip2in ma bilang alat pencukur jmbt padahal aslinya walkman.. nah biasanya doremon bawa kue nih.. nah karena over pede gw keluarin roti dari warkop kemarin.. tong teng tong teng dorayaki pengganjal perut.. jurinya ngakak.. ada yg nyeletuk mas merk e mas.. gw lupa kalau masih terbungkus rapi.. nah di samping ada salon itu kenapa mas doremon? tanya jurinya.. jadi gini si nobita bngst itu dari episode 1 sampe 5000 minta alat gw terus ternyata gak di pake mas tapi di jual ke sineo dia jadi kaya raya jualan barang2 gratis dari gw.. setelah barang gw abis.. gw di campakkan.. akhirnya gw ngamen mas buat kumpulin duit beli bangku masa depan atau pintu kemana saja dari sineo biar gw bisa pulang ke masa depan trus gw gebukin nobita di masa itu.. lah jurinya malah ngomong menyedihkan sekali ya teman2.. juri satunya ngomong mas anda telah menghancurkan kenangan masa kecil saya waktu liat anime itu.. di aula itu semua ngakak.. 
setelah selesai gw turun semua tepuk tangan ramai cuk gw kirain bakalan di bully ato di apain gt.. nah good moment nya pas gw turun mau nyari tempat duduk eh tiba2 ada yg ngajakin foto gw cuk finally walau ukty2 bodo amat yg penting foto bareng.. dan yg gw heran knp gw jd juara 3 padahal ada bang gundam ada si narto si icigo perasaan kerenan mereka.. naik lah gw ke panggung.. nah pas mau nerima hadiah ma goodybag ma panitia nama gw di ganti doremon dari episode 5001.. well yg penting menang kan banggain jurusan gw cuk..
mulustrasi 3

setelah itu gw langsung drycleaning tuh kostum soalnya takut gw besok di pake ibu2 itu bwt ngamen lagi.. pas nunggu dryclean kita ngopi ma udut bentar ma ngobrolin hadiahnya.. ini dpt hadiah segini ma barang ini.. gw gak pengen ambil hadiahnya.. mau gw semua hadiah di kasihin ke ibu2 itu ma duit sewa kostumnya.. temen gw ngomong hubungi ketua BEM jurusan dlu.. setelah itu gw disuruh meluncur ke kos2an ketua BEM gw itu.. abis selesai drycleanya langsung sore2 itu gw OTW ke sana.. ternyata di kos2an dia itu udah ada anak2 fakultas katanya juga mau ikut gw ke rumah ibu2 yg punya kostum itu.. gw jelasin panjang lebar akhirnya mereka juga nyumbang ke ibu itu sekalian ma makanan.. gw lom mandi badan kecut semua kolor udah kek oven.. cmn karena udah malam ya berangkat lah ke rumah ibu2 itu.. di sana rame2 kita nyerahin bantuan ma hadiah.. di liatin orang sekampung kita di kira bedah rumah kli.. ibunya sampe lemes ma nangis2 pas kita datang.. gw jadi gak enak pasti ibu tuh cape ma kaget.. setelah rada tenang ibu itu baru bisa di ajak ngomong.. si ibu itu baru cerita banyak tentang keadaan dia knp kek gt.. sedih pokoknya le.. 
dari situ gw bersyukur bisa ngerasain kuliah sekaligus lulus walau IPK dua koma.. padahal gw juga gabut mager unskillful bomat bahkan punya pikiran bwt putusin kuliah tapi tiap kali gw mikir kek gt.. gw inget ibu itu.. hidupin 3 anak sendirian gw gak bayangin masa depan kek apa yg bisa dia janjiin bwt anak2nya ketika orang tua kita berusaha mati2an bwt biayain kuliah dan gw ogah2an.. walau gw akhirnya kuat bayar spp sendiri tapi klo inget perjuangan tuh ibu2 di dalam kostum doremon jalan cmn bwt ngamen dpt berapa sehari.. cuk berat cuk..
wes cuk curhat e kesek ngetik.. 
ini wibu gw mana wibu lu?

sumber:fans page kbbd dota 2

Tidak ada komentar