Pertumbuhan DeFi membantu mendorong pangsa crypto dari suplai uang global di atas 2%

Pasar cryptocurrency sekarang menyumbang 2% dari suplai uang global karena DeFi dan titik pertumbuhan stablecoin untuk peningkatan adopsi yang stabil.






Keuangan terdesentralisasi tahun ini (DeFi) telah terbukti menjadi sektor transformatif bagi ekosistem cryptocurrency dan juga membuat gelombang di antara pasar keuangan global karena investor institusi menjadi terpesona dengan potensi untuk mendapatkan hasil tinggi pada stablecoin, altcoin, dan Bitcoin.

Sementara aksi harga dari Dogecoin (DOGE) telah mendominasi berita utama dalam beberapa minggu terakhir, Delphi Digital telah mencatat pertumbuhan ekosistem DeFi di jaringan Ethereum (ETH) yang terus mendapatkan kekuatan selama sebulan terakhir. Performa Ethereum DeFi dari tahun ke tahun. Sumber: Delphi Digital

Menurut peneliti Delphi Digital, sementara sebagian besar pertumbuhan terjadi pada platform DeFi berbasis Ethereum, protokol di seluruh ekosistem teratas termasuk Ethereum, BSC, Solana (SOL), Avalanche (AVAX), Polygon (MATIC) dan Terra (LUNA) telah dimulai untuk mendapatkan daya tarik dan sekarang menyumbang 34% dari total nilai yang terkunci di DeFi.Nilai total Multi-chain DeFi terkunci. Sumber: Delphi Digital

Ekosistem BSC adalah ekosistem DeFi dengan pertumbuhan tercepat kedua di belakang Ethereum, sebagian berkat hubungannya dengan ekosistem Binance yang memiliki sumber daya yang sangat besar untuk membantu memulai protokol aslinya dengan baik.

Venus (XVS), PancakeSwap (CAKE) dan PancakeBunny (BUNNY) adalah tiga protokol DeFi teratas di BSC dan total nilai yang terkunci di jaringan berjumlah $ 49,1 miliar.Nilai total terkunci di DeFi di BSC. Sumber: Definisi

Secara kolektif, semua ekosistem lapisan-1 sekarang telah melampaui $ 130 miliar dalam nilai total kumulatif terkunci (TVL).
Stablecoin membentuk fondasi

Menurut Delphi Digital, stablecoin asli DeFi telah memainkan peran utama dalam pertumbuhan ekosistem dan sekarang menyumbang hampir $ 10 miliar dari total kapitalisasi pasar.

Pasokan yang beredar Dai (DAI) baru-baru ini melampaui angka $ 4 miliar untuk menetapkan dirinya sebagai stablecoin DeFi terbesar, sementara UST adalah penantang yang meningkat pesat dari ekosistem Terra.Kapitalisasi pasar stablecoin DeFi. Sumber: Delphi Digital

Dari perspektif pasar yang lebih luas, peningkatan suplai yang beredar dari proyek-proyek stablecoin teratas (USDT dan USDC) selanjutnya telah membantu meningkatkan nilai sektor crypto secara keseluruhan dengan menyediakan cara sederhana bagi dana baru untuk memasuki pasar.

Untuk menyoroti pentingnya pertumbuhan dalam ekosistem mata uang kripto, Delphi Digital menunjukkan jumlah uang beredar M2 global, definisi terluas dari jumlah uang beredar.Persentase Cryptocurrency dari total uang beredar global. Sumber: Delphi Digital

Karena keuntungan yang diperoleh di seluruh ekosistem cryptocurrency sejak pertengahan 2020, kapitalisasi pasar kumulatif pasar crypto sekarang lebih dari 2% dari suplai uang M2 global dengan Bitcoin (BTC) saja yang menyumbang 1%. Secara kolektif, sisa pasar crypto menyumbang sekitar 1,2% dari suplai uang global.

Ketika tanda-tanda peningkatan adopsi cryptocurrency muncul hampir setiap hari, seperti pengungkapan 6 Mei bahwa Goldman Sachs telah meluncurkan meja perdagangan crypto, kemungkinan jumlah dana yang terkunci di DeFi akan terus meningkat bersamaan dengan bagian crypto dari uang global Pasokan.

Pandangan dan pendapat yang dikemukakan di sini adalah sepenuhnya dari penulis dan tidak mencerminkan pandangan Cointelegraph.com. Setiap investasi dan pergerakan perdagangan melibatkan risiko, do at your own risk.

Tidak ada komentar