Apa hobi yang bisa menghasilkan uang di saat pandemic seperti ini?

. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan program afiliasi lainnya.

Singkat cerita, saya awal kenal Blog tahun 2014, aktif tahun 2015. Sambil nyoba YouTube tapi gagal, haha. Pada saat itu saya belum punya akun GA sendiri sampai awal tahun 2016 saya belum menghasilkan apa-apa.

Karena nggak punya akun Adsense, akhirnya saya ikut jasa JV (Join Venture) dari Mas Sugeng (Sugeng.id) bagi hasil 70:30 pada saat itu. Buat yang aktif dalam dunia perbloggeran mungkin tidak asing dengan nama ini.

Selama JV itu, saya gali ilmu dari beliau tentang cara ngeblog yang bener, cara meningkatkan views, belajar SEO, dan cara meningkatkan penghasilan dari Adsense. Mulai dari gimana cara nata iklan Ads dan jumlahnya yang enak berapa dalam satu halaman. Dan masih banyak lagi yang harus saya pelajari selama ngeblog.

Setelah JV hampir satu tahun, saya akhirnya punya akun sendiri, dan mulailah saya dapat penghasilan nggak pake bagi hasil sama sekali.

Tapi sayang, saya sekarang kurang begitu aktif menulis karena kurangnya gairah dan motivasi. Baca juga kisah saya di Jawaban Achmad Mu'afi untuk Apa yang membuatmu betah mengurung diri di kamar?

Berikut sedikit rejeki buat jajan yang saya dapatkan dari akun saya sendiri per jawaban ini ditulis:

Maaf ini bukannya bermaksud untuk pamer tapi buat penyemangat temen-temen yang memang ingin berusaha mendalami apa yang disukai. Saya kasih watermark biar tidak disalahgunakan oleh orang. Hehe.

Edit tambahan karena ada yang tanya.

Bagaimana Cara Memulai Ngeblog?

Kamu bisa mulai dengan membuat sebuah blog/website melalui Blogger.com atau WordPress.com atau WordPress.org. Kemudian beli domain tld (.net .com, etc) agar blog kamu kelihatan profesional di Niagahoster, Rumahweb, dll. Kalau kamu buat blog melewati WordPress.org, kamu harus beli hosting sekalian sih jadi agak mahal.

Jangan lupa pakai template dengan design yang sederhana dan mobile friendly biar enak dipandang. Download gratis di internet banyak! Kalau mau yang lebih cantik bisa beli di IDNtheme, Arlinadgzn, KompiAjaib atau Mas Sugeng.

Selanjutnya nulis artikel dengan topik yang menjual (dalam artian ada audience yang dituju) yang banyak minimal 400–500 kata dalam bahasa Indonesia maupun Inggris untuk mengundang trafik/views.

Untuk pasang iklan, harus daftar/punya akun Google Adsense dulu. Daftarkan blog kamu jika merasa sudah siap.

  • Punya konten minimal 15 artikel, lebih banyak lebih baik (usahakan membahas topik yang sama)
  • Umur blog paling tidak 1 bulan tapi Google menyarankan 6 bulan
  • Blog dilengkapi menu tentang (about), kontak(contact), privasi policy, disclaimer
  • Navigasi blog jelas

Selanjutnya, buat email gmail baru (harus bener-bener baru) untuk digunakan mendaftar Google AdSense di website resminya (jangan lewat Blogger), insyaAllah satu hari akan langsung diterima.

Singkatnya seperti itu, tapi kalau dipelajari lagi, agak rumit sih :)

Saya Pengen Belajar Blogging Lagi Mas Ada Saran?

Dari pengalaman saya selama ini, selain yang udah sedikit saya jelasin di atas, saran saya rajin baca-baca berita headline dan alur informasi! Pakai Google Trends dan sosial media lainnya.

Perlu ditanamin juga tuh buat yang ingin ngeblog, Ini BUKAN PEKERJAAN INSTAN. Butuh waktu jika ingin kelihatan menghasilkan. Jadi mending kerja di real life sambil ngeblog buat sambilan dulu.

Ntar kalau udah bener-bener menghasilkan baru deh terserah kamu mau fokus ke blog atau enggak. Kok gitu? biar nggak kecewa pada akhirnya.

Oh ya, penting juga sih punya blog Indonesia dan Inggris dibedakan (jangan jadi satu) target negara luar karena CPC (Cost Per Click) Indonesia itu loh kecil banget, pada pelit klik iklan lagi hadeh! Selebihnya udah bisa dipelajari gratis lewat internet kok.


source:quora.com

Tidak ada komentar